Friday, December 18, 2009

MOTION DETEKTOR

Dengan memanfaatkan PIR (pasif Infrared) kita bisa membuat alat detektor gerak dengan biaya yang cukup murah dan mudah dalam pembuatannya. Tipe sensor PIR yang dipakai adalah AMN produksi panasonic. Alasan memakai jenis sensor ini adalah :
- murah < Rp. 30.000,-
- Jarak deteksi jauh sekitar 3 m
- Jara bikinnnya gampang
Gambar di atas adalah berbagai jenis dari AMN pasif infrared. Dengan sensor ini kita dapat mendeteksi gerakan(movement) manusia atau hewan, sehingga dapat kita gunakan sebagai alarm gerak anti pencuri.

Prinsip Kerja Sensor
Manusia (makhluk hidup) memancarkan infrared dengan intensitas tertentu. Saat kita bergerak di area jangkauan sensor maka infrared dari tubuh kita mengenai sensor sehingga sensor aktif. Gabar berikut menunjukkan prinsip kerja sensor.
Cara Membuat
AMN sensor mempunyai 3 kaki yaitu Vcc, Gnd, dan out. untuk Vcc sebesar 5 volt sedangkan output aktif hight. Saat sensor pertama kali nyala maka akan ada tegangan pada output sekitar 5-10 detik. Waktu 5-10 detik ini merupakan waktu "startup" kemudian output dalam kindisi low. Saat ada peruabahan infrared (ada gerakan) maka pada output akan keluar tegangan. Jika kita inginkan saat ada gerakan maka alarm akan berbunyi maka kita membutuhkan transistor seperti gambar berikut.
nilai R bisa dipakai 4k7 sedangkan TR bisa C9013. untuk alaram bisa diapasang pada load

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com