Sunday, January 18, 2009

Dancing Dolphins

Pada project ini kita akan membuat ikan lumba-lumba yang berloncatan keluar masuk air. Jika kalian tidak menyukai bentuk lumba-lumba kalian bisa membuat bentuk lain seperti burung yang terbang, kuda yang berlari atau bisa juga bisa menggunakan nama kalian.

HASIL AKHIR PROJEK




Setelah menyelesaikan project ini, kalian akan mempunyai 8 bentuk lumba-lumba yang dibentuk dari rangkaian LED. Setiap bentuk lumba-lumba akan menyala secara bergantian dan berurutan sehingga akan terlihat lumba-lumba yang sedang meloncat dari air dan kembali masuk ke air.


GAMBAR RANGKAIAN
Rangkaian pengontrol sangat sederhana, seperti tampak pada gambar di bawah



Gambar sebelah kanan merupakan rangkaian LED yang terpasang pada gambar lumba-lumba yang telah di buat.. Untuk setiap satu lumba-lumba memerlukan 34 LED. Tetapi jika jumlah ini dirasa terlalu banyak maka jumlah ini bisa dikurangi dengan syarat nyala LED masih membentuk gambar lumba-lumba.

CARA KERJA RANGKAIAN
Untuk membuat bentuk lumba-lumba menyala secara berurutan maka diperlukan IC timer dan IC decade counter yang di kombinasikan dengan beberapa resistor, kapasitor dan transistor. IC timer akan menentukan seberapa lama nyala setiap bentuk lumba-lumba sedangkan IC docade counter untuk mengatur pergantian nyala setiap bentuk.

- IC1 merupakan IC timer yaitu LM555 yang digunakan untuk menghasilkan sinyal kotak pada outputbta (pin 3) dengan frekuensi yang dapat di atur.

- IC2/IC 4017 merupakan decode counter yang menerima sinyal kotak dari LM555 dan mengubahnya menjadi 10 ouput. Dalam satu waktu hanya satu output dari 10 output yang mendapat tegangan (+). Output yang mendapat tegangan (+) akan bergantian secara berurutan setiap mendapat sinyal dari LM555. Karena kita hanya menggunakan 8 bentuk lumba-lumba maka output yang terpakai 1-8. Pin 1 dihubungkan ke pin 15 (master reset) dimaksudkan agar setelah bentuk ke 8 nyala maka IC akan direset dan kembali bentuk 1. Dengan demikian IC tidak perlu menjalankan output ke 9-10.
Supaya tidak membingungkan maka gambar di bawah akan sangat membantu.


- R1,R2 dan C1 merupakan penentu nilai frekuensi output LM555. sebelum menetukan nilai yang dipasang untuk R1, R2 dan C1 haruslah melalui beberapa perhitungan. Cara untuk menghitungnya akan dijelaskan pada project berikutnya.

- Q1-Q5 merupakan transistor 2N3053 yang dugunakan sebagai switch.Tansistor akan ON saat mendapat tegangan (+) dari output 4017.

- C2 digunakan untuk menghilangkan noise (sinyal pengganggu) pada LM555. Noise terjadi saat frekuensi output LM555 sangat tinggi.


PERHATIAN !

Saat pemasangan LED, antara kaki (+) dan kaki (-) harus diberi perlindungan supaya terjadi short yang mengakibatkan rusaknya LED. Karena pada project ini LED yang digunakan sangat banyak maka pasang dengan hati-hati satu per satu LED mengikuti pola gambar.

Jika kalian merasa kesulitan dalam membuat sketsa lumba-lumba maka lebih baik di cetak di kertas terlebih dahulu dengan komputer baru kemudian ditempelkan pada papan.

ALAT DAN KOMPONEN YANG DIBUTUHKAN
Setelah melihat gambar rangkaian maka kita akan tahu komponen apa saja yang dibutuhkan. Bisakah kalian mendaftar komponen apa saja yang diperlukan?

Alat yang di butuhkan antara lain:
- Power supply ( catu daya/ baterai )
- 1 Multi meter (digital atau analog )
- Solder dan timah
- Penyedot timah
- PCB 1 buah

Rangkaian di atas memerlukan :
- Resistor 47 kohm (R1)
- Resistor 470 kohm (R2)
- LM 555 (IC1)
- 4017 decode counter (IC2)
- 1 uF elektrolitik kapasitor (C1)
- 0.1 uF ceramik kapasitor (C2)
- 5 buah transistor 2N3053 (Q1-Q5)
- 190 buah LED
- 95 buah resistor 220 ohm
- Header/ terminal block secukupnya

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com